Hansel And Grethel - Jacob, Wilhelm Grimm



Judul : Hansel And Grethel (Kumpulan Dongeng Keluarga Yang Inspiratif)

Penulis : Jacob Grimm – Wilhelm Grimm

Penerbit : Portico Publishing

Tahun Terbit : 2011

ISBN : 978 – 602 – 95978 – 8 – 2

Jumlah Halaman : 186 halaman

-         Senandung Jorinda –

“Burung kecilku, dengan kalung merahnya,

Berkicau tentang kesedihan, kesedihan, kesedihan

Dia menyanyikan lagu mengenai merpati yang akan segera mati,

Berkicau tentang kesedihan, kes-kur, kur, kur.”

Pada awal abad ke -19, sepasang saudara Jacob dan Wilhelm Grimm menghimpun koleksi cerita untuk melestarikan dongeng-dongeng atau cerita-cerita rakyat dari suku asli Jerman. Delapan belas kisah keluarga menggambarkaan keakraban dan kerukunan, juga perselisihan di antara anggota-anggota keluarga.

Narasi yang telah diterjemahkan ke dalam 150 bahasa ini dipenuhi oleh tokoh-tokoh yang tak kenal rasa takut, gadis-gadis yang rendah hati dan suka bekerja keras, serta penjahat-penjahat yang curang, dan membedah tema-tema keluguan, rasa ingin tahu, serta pembalasan setimpal atas setiap kejahatan dan kebaikan.

Diantara judul-judulnya adalah Anak Muda yang Tak Kenal Takut, John Yang Setia, Dua Belas Bersaudara, Kakak Beradik yang Rukun, Tiga Kurcaci Hutan, Hansel and Grethel, Jerami, Batubara dan Buncis, Sang Nelayan dan Istrinya, Ibu Holle, Hans Yang Polos, Kisah Para Peri, Penyamun Yang Menyamar, Ransel, Topi Terompet, Rumpelstiltskin, Allerleirauh, Jorinda dan Joringel, Enam Pemberani Menghadapi Dunia, dan Hans Yang Beruntung.

Pesan moral yang didapat dalam buku ini adalah manusia tidak boleh serakah seperti dalam kisah Sang Nelayan dan Istrinya, atau harus saling tolong menolong dan menghargai antar sesama, serta tidak boleh melakukan kejahatan dan bekerja keras. Menurutku,  buku ini cocok dibaca oleh siapa aja.

Overall … dari pengalaman menontonku beberapa minggu yang lalu, Hansel dan Grethel adalah dua bersaudara pemburu penyihir dalam versi dewasa, sementara di buku ini, Hansel dan Grethel dikisahkan sebagai dua bersaudara versi anak-anak yang dibuang oleh ibu tirinya di tengah hutan. Alasannya karena musim paceklik yang melanda kota, dia khawatir tidak bisa memberi makan mereka selama musim tersebut berlangsung.

Beberapa kali membuang anaknya, Hansel dan Grethel tetap bisa pulang ke rumah. Namun di suatu hari, kedua anak itu tidak menemukan jalan pulang dan akhirnya bertemu dengan seorang perempuan tua yang notabenenya adalah penyihir. Nah ini sama dengan film Hansel And Grethel Witch Hunters yang pernah tayang pada tahun 2013. Sayangnya, dibuku ini Hansel dan Grethel hanya dikisahkan sampai berhasil membunuh penyihir perempuan yang menculik mereka,

At least, Hansel dan Grethel kembali pulang ke rumah, bertemu sang ayah sambil membawa mutiara dan batu-batu berharga yang membuat mereka kaya.


Komentar